Senin, 25 Februari 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :    MTs N Slawi
Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            :    VII/Gasal
Pertemuan Ke              :    2
Alokasi Waktu               :    2 x 40 menit
Standar Kompetensi     :    Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar        :    1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

Indikator :
1.      Membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu
2.      Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
3.      Membandingkan hasil pengukuran suhu zat dengan termometer celcius dan termometer yang lain.
4.      Membuat termometer sederhana berskala dengan berdasarkan sifat perubahan volume.

I.       Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu :
1.      Menjelaskan pengertian suhu
2.      Menjelaskan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu
3.      Menggunakan termometer untuk mengukur suhu
4.      Membuat termometer sederhana
5.      Membaca skala termometer celcius dan termometer yang lain

II.      Materi Pembelajaran :
Suhu dan Pengukuran

III.    Metode Pembelajaran :
1.      Pendekatan                     :    Ketrampilan Proses    
2.      Model Pembelajaran       :    Direct Instruction (DI)
                                                    Cooperatif Learning (CL)
3.      Metode                            :    Diskusi, Observasi, dan Eksperimen

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran :
1.      Kegiatan Pendahuluan :
a.      Motivasi                                :    Alat apakah yang kamu gunakan untuk mengukur suhu tubuh?
b.      Pra Syarat Pengetahuan     :    Apakah satuan suhu menurut SI?
Termasuk besaran apakah suhu itu?
c.      Pra Eksperimen                   :    Gunakan alat dengan hati-hati

2.      Kegiatan Inti :
a.      Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok
b.      Peserta didik berdiskusi tentang pengertian suhu, dan masing-masing anggota kelompok mempresentasikannya.
c.      Guru memberi tanggapan dari jawaban peserta didik dengan informasi yang benar
d.      Setiap kelompok peserta didik diminta untuk membandingkan suhu air panas, hangat, dan dingin dengan menggunakan alat yang sudah tersedia.
e.      Siswa diminta untuk mengukur suhu badan dengan menggunakan termometer yang tersedia.
f.       Setiap kelompok membuat termometer sederhana dengan menggunakan perangkat alat yang sudah disediakan.
g.      Siswa mengukur suhu air dengan termometer celcius dan termometer lain (Reamur, Fahreinheit)
h.      Siswa menuliskan data hasil eksperimen.
3.      Kegiatan Akhir/Penutup
a.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atau kesimpulan hasil belajar
b.      Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
c.      Guru memberikan tugas rumah untuk mencari contoh macam-macam termometer dari sumber buku yang lain.

V.     Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Ø  Gelas kimia
Ø  Gelas erlenmeyer
Ø  Termometer berskala dan termometer tak berskala
Ø  Statif
Ø  Air
Ø  Penggaris
Ø  Buku siswa
Ø  LKS

VI.    Penilaian :
1.      Teknik                           :    Tes tertulis, unjuk kerja/praktik
2.      Bentuk Instrumen         :    Tes Uraian (1,2), Penilaian Unjuk Kerja (3,4)
3.      Soal Instrumen :
a.      Jelaskan pengertian tentang suhu!
b.      Mengapa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu?
c.      Ukurlah berapa derajat celcius suhu tubuhmu, dan ukur dengan termometer lain!
d.      Buat termometer sederhana dengan menggunakan alat yang tersedia, yaitu : termometer tak berskala dan perangkatnya.

Rubrik
No.
Aspek
Skor
1.
Merangkai alat untuk membuat termometer sederhana dengan benar
2
2.
Melakukan kegiatan dengan cara yang benar
2
3.
Memperoleh data dengan benar
2
4.
Membuat kesimpulan dengan benar
2
5.
Menjaga keselamatan dan kebersihan alat dengan baik
2
Jumlah
10





                                                                                 Slawi, 22  Juni  2012
Mengetahui,
Kepala MTs N Slawi                                                Guru Mata Pelajaran,





Drs. H. NUR HAMID, M.PdI                                   Drs. A. SHOLAHUDDIN, Dipl.Ed  
NIP.196703181993031001                                     NIP. 196705201994031003


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Info: